Proram Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN)

Proram Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN)

Program Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN) pada Politeknik STIA LAN Makassar merupakan jenjang pendidikan tinggi profesional yang dirancang untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, adaptif, dan berintegritas dalam mendukung agenda reformasi birokrasi serta pembangunan nasional berbasis tata kelola pemerintahan yang baik.

Dengan masa studi selama tiga semester (setara ±1,5 tahun), program ini mengedepankan pendekatan terapan yang memadukan teori dengan praktik lapangan guna mencetak lulusan yang mampu merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan publik secara efektif.

Terdapat tiga konsentrasi keahlian yang ditawarkan, yaitu:

  1. Kebijakan Publik (KP)– fokus pada perumusan dan analisis kebijakan berbasis bukti,

  2. Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (MSDMA) – fokus pada pengelolaan SDM sektor publik yang modern dan berbasis kompetensi,

  3. Manajemen Pembangunan (MP) – Fokus pada perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan agar tujuan pembangunan nasional, regional, maupun organisasi dapat tercapai secara efektif dan berkelanjutan.

Program ini bertujuan menghasilkan lulusan yang berkompeten sebagai perancang kebijakan publik, manajer layanan publik, dan peneliti terapan yang siap bersaing secara nasional maupun global, khususnya dalam mendukung transformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Didukung oleh dosen berpengalaman, kurikulum berbasis riset terapan, serta ekosistem akademik yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman, Politeknik STIA LAN Makassar berkomitmen menjadi mitra strategis dalam pengembangan kapasitas aparatur negara dan profesional sektor publik.

Kami mengundang para lulusan sarjana dan aparatur sipil negara untuk bergabung dalam Program Magister Terapan APN dan bersama-sama membangun Indonesia melalui pendidikan tinggi vokasi yang berorientasi pada kinerja, akuntabilitas, dan inovasi pelayanan publik.

Fokus Program Studi

Program Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN) pada Politeknik STIA LAN Makassar secara khusus difokuskan pada pengembangan kapasitas profesional di bidang administrasi publik yang adaptif, inovatif, dan berorientasi pada hasil (outcome-based).

Program ini dirancang untuk menjawab tantangan pembangunan nasional dan kebutuhan reformasi birokrasi melalui pendekatan terapan dan praktik lapangan, yang mengintegrasikan keilmuan administrasi negara dengan kompetensi manajerial dan analitis.

Adapun fokus utama dari program studi ini meliputi:

  1. Penguatan Kapasitas Perumusan dan Evaluasi Kebijakan Publik
    Mahasiswa dibekali kemampuan untuk melakukan analisis kebijakan berbasis data, perencanaan strategis, serta evaluasi implementasi kebijakan secara menyeluruh, baik di tingkat pusat maupun daerah.

  2. Pengembangan Manajemen Aparatur Pemerintah
    Fokus ini mencakup pengelolaan sumber daya manusia sektor publik, reformasi sistem merit, penguatan kepemimpinan birokrasi, serta penerapan teknologi informasi dalam tata kelola pemerintahan.

  3. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Termasuk Pelayanan Kesehatan
    Mahasiswa diarahkan untuk memahami strategi inovatif dalam pelayanan publik yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat, termasuk tata kelola pelayanan kesehatan yang efisien dan berkeadilan.

  4. Riset Terapan dalam Administrasi Pembangunan
    Program ini menekankan pendekatan riset terapan (applied research) guna menghasilkan solusi nyata atas permasalahan publik, serta mendorong lahirnya rekomendasi kebijakan yang berbasis pada evidensi dan praktik terbaik (best practices).

Melalui tiga konsentrasi utama—Kebijakan Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur, dan Manajemen Pembangunan—program ini membekali mahasiswa dengan kompetensi strategis yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan sektor publik di era digital dan desentralisasi pemerintahan.

Profil Lulusan Program Magister Administrasi Terapan Program Studi Administrasi Pembangunan Negara

NoProfil LulusanKemampuan yang dimilikiPengetahuan
1Manajer Publika.Mampu berpikir kreatif dan inovasi dalam implementasi kebijakan publik dan governansi publik dengan berbagai pendekatan legal, dan manajerial, dilevel satu dan dua pemerintahan.a.Menguasai teori administrasi dan reformasi birokrasi, organisasi, manajemen pelayanan publik, kebijakan public
b.Mampu mengimplementasi kebijakan publik yang berupa program, kegiatan dan rencana aksib.Menguasai pendekatan berpikir inovasi dan teknologi administrasi
c.Mampu mengambil keputusan dengan menggunakan pendekatan participatory impact analysis untuk menyelesaikan masalah-masalah publikc.Menguasai teori manajemen sumber daya manusia aparatur
d.Mampu memimpin dan menata kelola sebuah kegiatan dalam implementasi kebijakan publikd.Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik
e.Menguasai teori-teori pengayaan sesuai konsentrasi masing-masing.
2Analis Kebijakana.Mampu memformulasikan alternatif kebijakan berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dengan menggunakan berbagai metode, antara lain scenario planning atau sistem dinamik.a.Menguasai teori administrasi dan reformasi administrasi, organisasi, kebijakan publik, dan governansi publik.
b.Mampu mengevaluasi dan menganalisis sebuah kebijakan, program dan kegiatan dalam organisasi pemerintah untuk pengembangan alternatif perbaikan organisasi.b.Menguasai pendekatan berpikir inovasi dan teknologi administrasi
c.Mampu merancang sebuah policy brief untuk usulan perbaikan kebijakan publikc.Menguasai teori-teori pembangunan, sosial, dan politik.
d.Menguasai teori manajemen sumber daya manusia aparatur.
e.Menguasai metodologi penelitian kualitatif, dan kuantitatif.
3Peneliti di bidang Administrasi Pembangunana.Mampu berpikir sistematis dan logis dalam bidang organisasi publik, manajemen publik dan kebijakan publika.Menguasai teori administrasi, organisasi, manajemen pelayanan publik, kebijakan publik.
b.Mampu melakukan evaluasi kebijakan publik yang berbasis teknologi administrasi, literasi data, dan literasi manusia untuk mengetahui hasil dan dampak dari sebuah kebijakan.b.Menguasai instrumen berbasis teknologi administrasi.
c.Mampu menyusun rencana penelitian dan melaksanakan kegiatan penelitian secara mandiri atau kelompok dalam bidang administrasi publik dengan metode kuantitatif, kualitatif.c.Menguasai teori-teori pembangunan, sosial, hukum, dan politik.
d.Menguasai teori manajemen sumber daya manusia aparatur.
e.Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi.
f.
Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik.
4Konsultan Publika.Mampu mengembangkan model, strategi, atau inovasi dalam organisasi publika.Menguasai teori administrasi dan reformasi administrasi, organisasi dan manajemen publik, kebijakan publik.
b.Mampu mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah dan penerapan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data.b.Menguasai pendekatan berpikir inovasi dan teknologi administrasi.
c.Mampu menyusun rencana perubahan secara individu atau kelompok dengan menggunakan pendekatan participatory impact analysis untuk menyelesaikan masalah pelayanan publik dan administrasi pembangunan.c.Menguasai teori-teori pembangunan, sosial, hukum, dan politik.
d.Menguasai teori manajemen sumber daya manusia aparatur.
e.Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi.
f.
Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik
5Pendidik/Pengajara.Mampu mengembangkan pemikiran logis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya.a.Menguasai teori administrasi dan reformasi administrasi, organisasi dan manajemen publik, kebijakan publik, dan governansi publik
b.Mampu melakukan kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah administrasi pembangunan negara untuk pengembangan pengetahuan dan teknologi.b.Menguasai pendekatan berpikir inovasi dan teknologi administrasi.
c.Mampu menyusun ide, pemikiran dan argumen teknis secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.c.Menguasai teori-teori pembangunan, sosial, hukum, dan politik.
d.Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.d.Menguasai teori manajemen sumber daya manusia aparatur.
e.Mampu mendokumentasikan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototipe, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.e.Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi.
f.
Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik.

Kompetensi dan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Magister Administrasi Terapan Program Studi Administrasi Pembangunan Negara

KompetensiCapaian Pembelajaran Lulusan
Pengetahuan (P)P1:Menguasai Teori Administrasi Publik, Administrasi Pembangunan, Organisasi, Manajemen Publik, Kebijakan Publik dan Manajemen SDM serta Keuangan.
P2:Menguasai aplikasi dibidang Manajemen Pembangunan, Manajemen SDM, Kebijakan Publik, Administrasi Pelayanan Kesehatan, atau Pemerintahan Desa
P3:Menguasai Pendekatan berpikir kreatif inovatif dan teknologi Admintrasi
P4:Menguasai Teori Pembangunan, Sosial, Etika Birokrasi.
P5:Menguasai metode dan instrument dalam perspektif governansi.
P6:Menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif
Keterampilan Umum (KU)KU1:Mampu mengembangkan pemikiran logis, sistematis,dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah;
KU2:Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin;
KU3:Mampu menyusun konsep ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
KU4:Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah-masalah dibidang administrasi pembangunan negara melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
KU5:Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data;
KU6:Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan;
KU7:Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
KU8Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus (KK)KK1:Mampu mengembangkan model, strategi, atau inovasi dalam governansi publik dengan berbagai pendekatan disemua level pemerintahan;
KK2:Mampu memformulasikan alternatif kebijakan, menyusun rencana strategi implementasi serta melakukan evaluasi kebijakan publik berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dengan menggunakan berbagai metode, antara lain scenario planning atau dinamic system;
KK3:Mampu menyusun rencana perubahan secara individu atau kelompok dengan menggunakan pendekatan participatory impact analysis untuk menyelesaikan masalah-masalah publik seperti pelayanan publik dan administrasi pembangunan dalam bentuk dokumen rencana proyek perubahan;
KK4:Mampu melaksanakan kegiatan penelitian secara mandiri atau kelompok dalam bidang administrasi publik dengan metode kuantitatif, kualitatif, atau kombinasi.

Akreditasi

Program Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN) Politeknik STIA LAN Makassar diselenggarakan di bawah naungan institusi pendidikan tinggi vokasi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN‑PT) dengan peringkat “B” berdasarkan Keputusan BAN‑PT yang berlaku hingga April 2025.

Status akreditasi ini mencerminkan bahwa institusi penyelenggara telah memenuhi standar nasional dalam hal tata kelola kelembagaan, mutu dosen, kurikulum, sarana prasarana, serta sistem penjaminan mutu akademik. Akreditasi ini juga menjadi dasar legalitas dan pengakuan publik terhadap seluruh program studi yang dikelola, termasuk Program Magister Terapan APN.

Politeknik STIA LAN Makassar secara konsisten melakukan penguatan mutu melalui evaluasi internal dan eksternal, serta tengah mempersiapkan langkah akreditasi lanjutan untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan kualitas program studi secara berkelanjutan.

Dengan akreditasi yang dimiliki, Program Magister Terapan APN menjadi pilihan tepat bagi calon mahasiswa yang mengutamakan legalitas, kualitas, dan relevansi pendidikan dalam bidang administrasi pembangunan negara.

Dosen

Program Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN) Politeknik STIA LAN Makassar didukung oleh tenaga dosen yang profesional, kompeten, dan memiliki pengalaman akademik serta praktis di bidang administrasi publik, kebijakan, manajemen aparatur, dan pelayanan publik.

Para dosen berasal dari latar belakang akademik yang kuat, dengan kualifikasi pendidikan magister dan doktoral dari perguruan tinggi terkemuka, baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain aktif dalam pengajaran, mereka juga terlibat dalam penelitian terapan, pengabdian kepada masyarakat, serta menjadi konsultan dalam berbagai proyek kebijakan dan tata kelola pemerintahan.

Dosen pengampu pada program magister terapan terdiri atas para akademisi yang memiliki integritas dan kompetensi dalam mengelola proses pembelajaran berbasis praktik dan studi kasus, sesuai dengan kebutuhan sektor publik modern. Mereka juga dibekali dengan pengalaman kelembagaan sebagai bagian dari birokrasi, pusat studi kebijakan, atau organisasi pelayanan publik.

Pembimbingan tesis dilaksanakan secara profesional dengan sistem evaluasi yang terstruktur. Setiap mahasiswa dibimbing langsung oleh dosen yang sesuai dengan bidang keahliannya, untuk memastikan proses penyusunan karya akhir dapat berjalan efektif, tepat waktu, dan berkontribusi terhadap penyelesaian masalah nyata di lapangan.

Kehadiran dosen-dosen yang kredibel ini menjadikan Program Studi Magister Terapan APN tidak hanya unggul dalam aspek akademik, tetapi juga relevan dengan praktik administrasi pembangunan negara. Sinergi antara teori dan praktik inilah yang menjadi kekuatan utama dalam mencetak lulusan yang siap menjadi agen perubahan di sektor publik.

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara (APN) disusun secara sistematis dan terintegrasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang administrasi publik dan pembangunan negara. Kurikulum ini mengedepankan pendekatan terapan dengan menggabungkan aspek teori dan praktik yang relevan dengan kebutuhan birokrasi modern dan pembangunan nasional.

Mata kuliah yang diajarkan mencakup berbagai bidang strategis, antara lain perumusan dan evaluasi kebijakan publik, manajemen sumber daya aparatur, pelayanan publik, serta manajemen Pembangunan. Selain itu, program ini memberikan penekanan khusus pada riset terapan sebagai bagian dari proses pembelajaran, yang diwujudkan melalui penyusunan tesis berbasis permasalahan nyata di lapangan.

Kurikulum juga dirancang dengan fleksibilitas untuk mendukung tiga konsentrasi utama, yakni Kebijakan Publik, Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintah, dan Manajemen Pembangunan. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keahlian sesuai dengan fokus bidang yang diminati dan dibutuhkan dalam sektor publik.

Proses penyusunan dan pengembangan kurikulum dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan para ahli akademik dan praktisi, sehingga senantiasa mengikuti dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebijakan pemerintahan. Dengan demikian, kurikulum ini tidak hanya mendukung penguasaan kompetensi akademik, tetapi juga kemampuan praktis yang aplikatif di lapangan.

Dengan kurikulum yang komprehensif dan kontekstual, Program Studi Magister Terapan APN Politeknik STIA LAN Makassar siap mencetak lulusan yang siap berkontribusi dalam memperkuat tata kelola pemerintahan dan pembangunan nasional secara profesional dan berkelanjutan.